Skip to content
Inspektorat diy
Inspektorat diy

Inspektorat diy

Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja

  • Ins
    • E-Wasda
      • DINAS
        • DINSOS
          • website dinsos
          • PMKSPSKS
          • Pemadanandata
        • DPUESDM
          • website dpuesdm
          • sim-dpupesdm
          • sda.dpupesdm
          • bpjk
          • klinikkontruksi
          • silapop.psda
          • bp3pertambangan.dpupesdm
          • bp3kelistrikan.dpupesdm
          • sipkon
          • serat
          • simpeg
          • sipsuperjogja
          • esdm.dpupesdm
          • infopip2bdiy
        • DISKOPUKM
          • website diskopukm
          • sibakuljogja
          • diskopukm-plut
          • disperindag
        • DPKP
          • website
            • distan
            • bkpp
            • dpkp
            • agricenter
            • jogjabenih
            • ketahanan pangan
            • keamanan pangan
          • Sim
            • cadanganpangan
            • simpeltan
            • pertanian
            • simperbenihan
            • simponi ternak
            • isikhnas
            • sipedas
            • sipashorti
            • sipasbun
            • simonstok
          • Aplikasi
            • penyuluh
            • e-lapor opt petugas
            • e-lapor opt publik
            • e-pdps
            • aplikasi harga tani
            • panel harga
            • aplikasi nbm online
        • DISNAKERTRAN
        • DPPM
        • DISLAUTKAN
        • DP3APP
        • DISKOMINFO
        • DISBUD
        • DISPENRINDAG
        • DLHK
        • DINKES
        • DISPERTARU
        • DISDIKPORA
        • DISHUB
        • DISPAR
        • DPAD
      • Setda
        • Biro Organisasi
          • Website
          • satriya
          • shbj
          • anjab
        • Biro Perekonomian
        • Biro BMS
        • Biro BPM
        • Biro Tapem
        • Biro Umum
        • Biro Hukum
        • Biro PIWPP
      • BADAN
        • BPKA
          • BKD
          • KPPD Bantul
          • KPPD Gunungkidul
          • KPPD Jogja
          • KPPD Kulom Progo
          • KPPD Sleman
        • BAPPEDA
        • Bandiklat
        • BPBD
        • Badan Kesbangpol
        • BANHUBDA
      • Inspektorat
        • website inspektorat
        • simhp
        • siwaris
      • Paniradya Kaistimewan
      • Satpolpp
      • Setwan
        • e-parlemen
        • jdih
      • Daftar Sistem Informasi
    • Mitra
      • Aset
      • Eauditee
      • Jdih
      • JogjaPass
      • Jogjaplan
      • Lpse
      • Persediaan
      • Sengguh
      • Siharka
      • Sisminkada
      • Sipd
      • Sipkd
      • Simpeg
      • Sirup
    • SEKRETARIAT
      • SUBAG UMUM
        • Aduan
          • Aduan Masyarakat
          • Rekap Aduan Masyarakat
          • Tindak Lanjut
        • Buku Tamu
          • Report
        • Capaian SKP
          • Bidang Pemerintahan
          • Bidang Perekonomian
          • Bidang Sosial dan Budaya
          • Bidang Sarana dan Prasarana
        • Daftar Vaksin Booster 2
        • Diary
          • Sekretariat
          • Pemerintahan
          • Perekonomian
          • Sosbud
          • Sarpras
        • Form Belanja TIK 2023
        • Form Permohonan Barang
        • Gap Kompetensi
        • Inventaris
          • Aduan TIK
          • Report
        • Konsultasi OPD
        • Mobil
        • Presensi
      • SUBAG PROGRAM
        • Gratifikasi
          • Laporan OPD
          • Koordinator
          • Report Koordinator
          • Laporan Pengendalian
          • Laporan Dugaan Pelanggaran
          • Laporan Benturan Kepentingan
        • Permohonan Dokumen
        • Siwaris
        • SimHP
      • SUBAG KEUANGAN
        • Anggaran
        • Siap
        • SPJ
        • Aklab
      • Notulen Rapat
    • Layanan Konsultasi
    • Rekap Layanan Konsultasi
    • Monev Saberpungli
  • Beranda
  • Program
    • Tahun Anggaran 2022
    • Tahun Anggaran 2021
    • Tahun Anggaran 2020
    • Tahun Anggaran 2019
    • Tahun Anggaran 2018
    • Tahun Anggaran 2017
    • Tahun Anggaran 2016
  • Profil
    • Auditor
    • Tantangan dan Peluang
    • Tugas dan Fungsi
    • Outsourching
    • Profil Pejabat Struktural
    • Pegawai
    • PPUPD
    • Satuan Kerja
    • Sumber Daya
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Strategi & Kebijakan
    • Tujuan dan Sasaran
  • Informasi
    • Pelayanan Masyarakat
      • Daftar Informasi Publik
      • Laporan Layanan Informasi
      • Maklumat Pelayanan
      • Pengaduan Masyarakat
      • Permohonan Informasi
      • Permohonan Keberatan
      • Survey Kepuasan Masyarakat
      • Standar Pelayanan
      • SOP Tanggap Darurat
    • Aset Inspektorat
    • Agenda Pimpinan
    • Daftar Penghargan
    • Data Statistik
      • Laporan Hasil Pemeriksaan
      • Rekapitulasi Pengawasan
    • Laporan Keuangan
    • Laporan Kinerja
    • Landasan Hukum
    • Lhkpn
    • Lhkasn
    • PPID
      • Portal PPID
      • Inspektorat
    • Produk Hukum
    • Pengadaan Barang & Jasa
  • Berita
  • Galeri
    • Foto
    • Video
    • Live Zoom
  • Unduhan
  • Kontak
  • Login
    • Admin Whistleblowing System
    • Admin E-Lapor
    • Admin Lapor SP4N
Gempa Bumi
Kebakaran
Banjir
Puting Beliung
Gempa Bumi

A. PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP GEMPA BUMI

1. Pejabat/pegawai penghuni lantai memberitahukan adanya gempa bumi kepada Petugas Tanggap Darurat Lantai.

2. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik

3. Petugas Tanggap Darurat Gedung membunyikan alarm atau mengumumkan adanya gempa bumi

4. Petugas Tanggap Darurat Listrik melakukan pemutusan aliran listrik melalui panel listrik.

5. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengumpulkan Massa (penghuni gedung).

    a) Apabila massa dapat dikumpulkan, maka dilakukan evakuasi.

    b) Apabila massa tidak dapat dikumpulkan, maka Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan bahwa massa tidak dapat dikuasai  kepada:

        · Petugas Bencana Alam

        · Petugas Tanggap Darurat Gedung.

6. Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya gempa bumi kepada:

    a) Dinas Bencana Alam (BNPB) Kabupaten / Kota Serang dan

    b) Petugas Pelayanan Kesehatan

7. Petugas Tanggap Darurat Lantai dan Petugas Tanggap Darurat Gedung melakukankoordinasi untuk evakuasi.

8. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai atau tempat yang aman dari gempa.

9. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengarahkan kepada seluruh penghuni ruangan untuk berjalan secara tertib, tidak berlari, tidak menggunakan lift, dan berbaris secara teratur untuk menuju ke tempat aman yang telah ditentukan (assembly point).

10. Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.

11. Petugas Pelayanan Kesehatan melaksanakan Triage (pemilahan kondisi kesehatan pejabat/pegawai yang dievakuasi) berdasarkan kondisi kesehatan korban dan memberikan pertolongan kesehatan.

12. Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung.

Kebakaran

B. PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP KEBAKARAN

1. Pejabat/pegawai penghuni lantai memberitahukan adanya sumber api kepada Petugas Tanggap Darurat Lantai.

2. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik

3. Petugas Tanggap Darurat Gedung membunyikan alarm atau mengumumkan adanya kebakaran

4. Petugas Tanggap Darurat Listrik melakukan pemutusan aliran listrik melalui panel listrik.

5. Petugas Tanggap Darurat Lantai memadamkan sumber api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

6. Apabila sumber api dapat dipadamkan, maka dilakukan evaluasi atas timbulnya sumber api (tidak dilakukan evakuasi).

7. Apabila sumber api tidak dapat dipadamkan, maka Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan bahwa api tidak dapat dikuasai kepada: 

a) seluruh penghuni ruangan untuk berkumpul di lobby tangga darurat; dan

b) Petugas Tanggap Darurat Gedung.

8. Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya kebakaran kepada:

a) Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Kabupaten Tangerang dan

b) Petugas Pelayanan Kesehatan

c) Petugas Tanggap Darurat Lantai dan Petugas Tanggap Darurat Gedung melakukan koordinasi untuk evakuasi.

9. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai.

10. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengarahkan kepada seluruh penghuni ruangan untuk berjalan secara tertib, tidak berlari, tidak menggunakan lift, dan berbaris secara teraturuntuk menuju ke tempat aman yang telah ditentukan (assembly point).

11. Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.

12. Petugas Pelayanan Kesehatan melaksanakan Triage (pemilahan kondisi kesehatan pejabat/pegawai yang dievakuasi) berdasarkan kondisi kesehatan korban dan memberikan pertolongan kesehatan.

13. Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung

Banjir

Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat Bencana Banjir

PROSEDUR EVAKUASI KEADAAN DARURAT BENCANA BANJIR

SEBELUM TERJADINYA BANJIR

1. Segera mungkin dapatkan pengumuman resmi dari sumber yang dapat dipercaya tentang banjir di wilayah Anda.
2. Pastikan anda mencatat nomor telepon Posko Banjir di bawah ini untuk memperoleh informasi awal tentang bencana banjir di daerah anda (Posko Banjir/Satlak PBP)
3. Dengarkan tentang perkembangan situasi melalui media elektronik radio FM/AM atau televisi Anda juga via RT atau RW lingkungan Anda. Dan jangan mudah terpancing isu. Dengarkan hanya informasi dari pemerintah atau aparat berwenang.
4. Periksa dan bersihkan lubang saluran pembuangan air anda. Pastikan tidak ada masalah.
5. Jika daerah Anda dipastikan menjadi langganan banjir setiap tahunnya, pastikan Anda dan keluarga Anda mengetahui jalur evakuasi dan tempat pengungsian dan letakkan dokumen penting di tempat yang aman atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak.
6. Pastikan bahwa Anda dan keluarga anda tahu benar dimana POSKO banjir terdekat dari rumah Anda.
7. Buat perencanaan dengan keluarga, kalau perlu latihan evakuasi keluarga, sebagai persiapan jika banjir benarbenar datang.
8. Sediakan Perlengkapan P3K dan alat-alat standard penyelamatan.
9. Pastikan seluruh anggota keluarga Anda mengetahui langkah darurat jika banjir tiba.

SAAT HAMPIR BANJIR

1. Dengar pengumuman dan berita dari radio.
2. Penuhi tong, bak mandi, ember dan segala wadah air lainnya dengan air bersih. Karena saat banjir, air mungkin menjadi kotor dan sulit mendapatkan air bersih.
3. Bawalah masuk perabot atau perkakas di luar rumah.
4. Letakkan dokumen penting di tempat yang aman atau masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak.
5. Tutuplah dengan aman stop kontak listrik, jika perlu padamkan listrik dan saluran gas rumah Anda.
6. Beritahu anggota keluarga Anda dan bersiaplah untuk mengungsi.
7. Pastikan semua peralatan darurat standard, termasuk tas siaga bencana, telah disiapkan & berada ditempat yang mudah dijangkau.

SAAT BANJIR TIBA (KETIKA BERADA DI DALAM RUMAH)

1. Terus pantau pengumuman dan berita dari radio. Dan jangan mudah terpancing isu.Dengarkan hanya informasi dari pemerintah atau aparat berwenang.
2. Siap sedialah dengan semua peralatan darurat standard, termasuk tas siaga bencana. Jangan keluar dari rumah kecuali telah dipastikan bahwa perlengkapan ini anda bawa.
3. Perhatikan jalur evakuasi & tempat pengungsian yang telah dibuat oleh keluarga anda.
4. Ingatlah bahwa aparat memerlukan waktu untuk tiba dilokasi pada saat bencana.
Puting Beliung

Meski dalam banyak kasus angin puting beliung terjadi secara tiba-tiba, sebenarnya angin puting beliung bisa diketahui apabila Anda teliti membaca tanda alam. Berikut ini beberapa tanda-tanda alam yang bisa Anda waspadai apabila akan terjadi angin puting beliung:

  • Selama beberapa hari Anda sering merasa kegerahan karena cuaca panas yang tidak seperti hari-hari biasa.
  • Munculnya awan putih yang bergerombol dan berlapis-lapis di langit. Tidak lama setelahnya, terlihat gumpalan awan gelap, besar, dan tinggi yang sekilas mirip seperti kembang kol.
  • Terdengar suara petir dan guruh kencang yang saling bersahutan dari kejauhan.

Persiapan sebelum terjadinya angin puting beliung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, angin puting beliung biasanya terjadi saat pancaroba di siang atau sore hari. Itu sebabnya, persiapan jauh-jauh hari diperlukan agar mengurangi risiko kerusakan properti Anda serta menghemat waktu dalam kondisi darurat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum terjadinya angin puting beliung:

  • Memangkas cabang-cabang pohon tinggi di sekitar rumah Anda.
  • Cari tempat perlindungan untuk evakuasi di dekat rumah Anda. Setelah itu, perhatikan baik-baik rencana evakuasi dan perlindungan untuk untuk diri Anda sendiri dan keluarga. Tinjau ulang rencana tersebut dan pastikan setiap orang memahaminya.
  • Memperkuat atau memperkokoh bangunan rumah Anda. Salah satunya Anda bisa memasang bingkai jendela yang terbuat dari logam.
  • Bersihkan area di sekitar rumah Anda dari bahan-bahan material yang tidak terpakai. Pasalnya, bahan-bahan tersebut dapat diterbangkan oleh angin puting beliung yang ditakutkan bisa melukai seseorang atau menimbulkan kerusakan parah pada bangunan.
  • Simpan semua dokumen penting seperti akte kelahiran, dokumen asuransi, surat tanah, dan sebagainya di tempat yang aman dan kedap air.
  • Yang paling penting, jangan lupa menyusun perlengkapan darurat dalam satu tas sehingga saat Anda dan keluarga diharuskan untuk melakukan evakuasi ke luar rumah, Anda tidak harus memikirkan barang apa saja yang harus dibawa. Namun ingat, karena perlengkapan ini sifatnya darurat, Anda disarankan membawa hal-hal yang penting saja, misalnya radio yang menggunakan baterai, senter beserta baterai ekstra, pakaian hangat, makanan darurat dan air, serta kotak P3K.

Saat terjadi angin puting beliung

Jika sedang berada di dalam ruangan

  • Tutup jendela dan pintu lalu kunci.
  • Matikan semua aliran listrik dan peralatan elektronik. Jangan lupa, copot juga regulator tabung gas untuk mencegah kebakaran.
  • Menjauh dari sudut ruangan, pintu, jendela, dan dinding terluar bangunan. Anda bisa berlindung di tempat aman seperti di tengah ruangan.

Jika sedang berada di dalam kendaran

Segera hentikan laju kendaraan lalu cari tempat perlindungan yang terdekat di sana.

  • Jika sedang berada di luar ruangan
  • Jika terasa petir akan menyambar, segera membungkuk, duduk dan peluk lutut Anda ke dada.
  • Jangan tiarap di atas tanah.
  • Segera masuk ke dalam rumah atau bangunan yang sekiranya kokoh.
  • Hindari berlindung di dekat tiang listrik, papan reklame, jembatan, dan jalan layang.
  • Waspada terhadap benda-benda yang diterbangkan oleh angin, karena dapat menyebabkan cedera parah hingga kematian.

Penanganan setelah terjadi angin puting beliung

  • Periksa apakah Anda atau orang-orang di sekitar Anda mengalami cedera atau membutuhkan bantuan medis. 
  • Laporkan segera kepada yang berwenang jika ada kerusakan yang berhubungan dengan listrik, gas, dan kerusakan lainnya.
  • Tetap waspada dan pantau terus perkembangan situasi terkini terkait adanya potensi angin puting beliung susulan melalui informasi yang ada di media massa atau petugas yang berwenang.

Recent Post

  • Rapat Kerja Reformasi Birokrasi
  • Laporkan Hartamu
  • Reviu LPPD Pemda DIY dan Evaluasi atas Implemetasi SAKIP Perangkat Daerah
  • Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Aksi Roadmap SP4N-LAPOR di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Kaji Tiru Pembangunan Zona Integritas pada Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Recent Comments

  • Gon G on Apel Terakhir di bulan Desember 2020
Pengunjung:
Tanggal :
MEMBUAT JAM DIGITAL SENDIRI

 

 

Pencarian

Selamat Datang Di Web Inspektorat Pemerintah Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta. Visi dan Misi Gubernur DIY. Visi Gubernur DIY: Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja. Misi Gubernur DIY: Kemuliaan martabat manusia Jogja menyandang Misi "Lima Kemuliaan" atau "Pancamulia", yakni : 1.Terwujudnya peningkatan kualitas hidup - kehidupan - penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, melalui peningkatan kemampuan dan peningkatan ketrampilan sumberdaya manusia Jogja yang berdaya saing, 2.Terwujudnya peningkatan kualitas dan keragaman kegiatan perekonomi masyarakat, serta penguatan ekonomi yang berbasis pada sumberdaya lokal (keunikan teritori ekonomi) untuk pertumbuhan pendapatan masyarakat sekaligus pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan, 3.Terwujudnya peningkatan harmoni kehidupan bersama baik pada lingkup masyarakat maupun pada lingkup birokrasi atas dasar toleransi, tenggang rasa, kesantunan, dan kebersamaan, 4.Terwujudnya tata dan perilaku penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, dan 5.Terwujudnya perilaku bermartabat dari para aparatur sipil penyelenggara pemerintahan atas dasar tegaknya nilai-nilai integritas yang menjunjung tinggi kejujuran, nurani rasa malu, nurani rasa bersalah dan berdosa apabila melakukan penyimpangan-penyimpangan yang berupa korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  • Twitter
  • Instagram
  • Kemendagri
  • KPK
  • BPK
Copyright @ 2020 Inspektorat
  Daerah Istimewa Yogyakarta

Layanan Konsultasi