Magang ASN Papua Tengah

Pemda DIY menerima pegawai ASN Propinsi Papua Tengah sebagai salah satu bentuk program magang ASN oleh LAN RI. Program ini telah berjalan selama tiga tahun dari tahun 2021 hingga saat ini. Program nasional ini merupakan amanat Presiden sebagai bentuk pemerataan kualitas SDM ASN nasional khususnya di wilayah Papua. Pemda DIY sebagai salah satu wilayah yang dianggap memiliki prestasi nasional yang dapat dijadikan sebagai lokasi pembelajaran para ASN tersebut. Adapun tema yang diambil untuk wilayah DIY yaitu akuntabilitas dan kapabilitas SPIP

Sekda DIY beserta staff menerima rombongan LAN RI dan ASN Provinsi Papua Tengah

Setelah Provinsi Papua pada tahun 2022, Provinsi Papua Barat Daya pada tahun 2023 pada tahun ini Pemda DIY menerima lima ASN Papua Tengah yang terdiri dari masing-masing berasal dari BPSDM, Inspektorat, Dinas PU, Majelis Rakyat, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dari tanggal 9 sampai tanggal 20 September 2024 mereka akan belajar menimba ilmu di Pemda DIY dan akan didampingi oleh coach Pemda yang diwakili oleh salah satu auditor muda Inspektorat DIY, Arum Puspitasari, S.E., M.Ak.

Dalam kesempatan magang kali ini, khususnya pada Inspektorat DIY, beberapa pengetahuan terkait dengan akuntabilitas dan maturitas dibagikan kepada peserta magang oleh narasumber dari Inspektorat DIY. Adapun materi yang diberikan yaitu maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, Tugas dan Fungsi Inspektorat, Kearsipan, Inovasi Aplikasi SIPETIR, pencapaian evaluasi AKIP, RB dan ZI, serta bagaimana pelaksanaan pengawasan yaitu dalam tahapan penyusunan kertas kerja pemeriksanaan.

Program magang ASN ini menunjukkan peran Pemda DIY selaku mitra LAN RI dan Provinsi Papua Tengah yang mampu memberikan kontribusi dan contoh nyata atas penerapan-penerapan tata pemerintahan yang baik. Diharapkan dengan danya kesempatan magang ASN di Pemda DIY mampu meningkatkan kompetensi ASN Provinsi Papua Tengah yang bisa mendorong peningkatan kinerja Provinsi Papua Tengan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *