PENDAMPINGAN OLEH SATGAS PC – PEN POLDA DIY GUNA REALISASI ANGGARAN PC – PEN T.A. 2021

Rapat Koordinasi pendampingan oleh satgas PC-Pen Polda DIY guna realisasi anggaran PC-Pen Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di Ruang Rapat Lt 2 Gedung Sekretariat Inspektorat DIY, yang di hadiri oleh Irwasda Polda DIY Kombes Pol. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum, Inspektur DIY, Wiyos Santoso, S.E, M,Acc, Kepala Bapeda/ PLT BPKA Drs. Beny Suharsono, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Pembayun Setyaning Astuti, M.Kes. Acara berlangsung dari jam 09:00 WIB- 12:00 WIB.

Dalam rapat koodinasi di bahas berbagai mengenai realisasi dan pengewasan dalam pelaksanaan penanganan covid-19, untuk untuk segera melakukan percepatan dalam program vaksinasi yang di rasa masih lambat. Irwasda Polda DIY Kombes Pol. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum, melakukan cros cek data dan sinkronisasi data untuk memastikan kondisi terkini dan mengkoodinasikan tindakan dan penegakan hukum dalam pengawasan pelaksanaan penanganan covid-19.

Dalam acara tersebut juga di lakukan cros cek ketersedian vaksin dan termasuk juga ketersediaan oksigen. Kepala Dinas Kesehatan drg. Pembayun Setyaning Astuti, M.Kes. menjelaskan bahwa pihaknya terus mendorong dan mengusahakan secara maksimal dalam penanganan covis-19 termasuk meningkatkan kemampuan Rumah Sakit dalam melakukan penanganan, dan akan di bentuknya Rumah Sakit Lapangan penanganan Covid-19 dengan gejala ringan.

Dari pihak Dinas Sosial Juga menyampaikan bahwa penyaluran bantuan PPKM dari Kemensos juga sudah berjalan tinggal menunggu percepatan dalam proses penyaluran yang di lakukan dari Bulog lewat PT Pos Indonesia.

Kepala Bapeda/ PLT BPKA Drs. Beny Suharsono, M.Si menyampaikan kesiapan dari pihak BPA dalam penyaluran anggaran, anggaran dalam penanganan covid-19 mendapat tambahan yang cukup besar dengan harapan dalam penanganan akan berjalan baik dan terjadi penurunan terdampak covid-19.

Acara Rapat Koordinasi di akhiri dengan foto bersama untuk membangun komitmen dan kekompakan dalam melaksanakan tugas negara sehingga bisa berdampak positif bagi masyakarat DIY.

Hasil Penilaian Kinerja 360 Derajat Semester 1 di lingkungan Inspektorat DIY

Penilaian kinerja merupakan aspek yang penting dalam manajemen sumber daya manusia yang efektif. Penilaian kinerja ini merupakan penilaian multi sumber dengan penilaian dari atasan, bawahan, rekan kerja dan penilaian diri sendiri. Penilaian ini untuk menilai prestasi kerja karyawan sesuai perilaku dalam bekerja.

Inspektorat DIY melakukan penilaian kinerja 360 derajat di semester 1 ini meliputi sekretariat, bindang pemerintahan, bidang perekonomian, bidang sarpras dan bidang sosial dan budaya, serta penilain kinerja team audit. Penilaian yang di akumulasi selama 6 bulan ini berhasil mengukuh 1 orang perbidang sebagai pergawai terbaik dari yang terbaik.

Bidang pemerintahan hasil penilaian kinerja 360 derajat yang terbaik diraih oleh Beliau Bapak Sugeng Dwi Heriyanto, S.E.,Ak.
Bidang perekonomian hasil penilaian kinerja 360 derajat yang terbaik diraih oleh Beliau Ibu Maria Damayanti Handayani, S.E.,Ak, M.Acc.
Bidang sarpras hasil penilaian kinerja 360 derajat yang terbaik diraih oleh Beliau Ibu Ridha Setyaningsih, S.T. yang diterima oleh Ibu Irban Sarpras Ibu Dyah Sulistya Ratnawati, S.T.,M.Acc.
Bidang sosial budaya hasil penilaian kinerja 360 derajat yang terbaik diraih oleh Beliau Bapak Totok Purwoirawan, S.K.M., M.Acc
Sekretariat hasil penilaian kinerja 360 derajat yang terbaik diraih oleh Beliau Ibu Nur Laili Rahmawati, S.E.

Hasil penilaian Tim Auditor terbaik diraih oleh Tim Bapak Wahyunta, S.H,,M.M. dengan anggota tim yaitu: Ridha Setyaningsih, S.T., Wahyu Pribadi, S.T,

dan Tim Ibu Veronica Ismartiningsih, S.I.P,M.M dengan anggota tim yaitu: Fajar Yusuf Arfian, S.T., Jaka Kiswantara, S.I.P.,M.M.

Silaturahmi dan Koordinasi Kasatgasda PEN Polda DIY dengan Inspektur Inspektorat DIY

Inspektur Inspektorat DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E.,M.Acc., dan Sekretaris Inspektorat DIY Bapak Yudi Ismono, S.Sos.,M.Acc., menerima kunjungan Kasatgasda PEN Polda DIY, Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Roedy Yoelieanto, S.I.K., M.H., Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda DIY AKBP Samsul Bahri, S.H., Panit 1 Unit 2 Subdit 3 Ditrskrimsus Polda DIY IPTU Karno, S.H. di ruang Inspektur.

Acara kunjungan dalam rangka meningkatkan silaturami antar Inspektorat DIY dengan Kasatgasda PEN Polda DIY, selain itu juga di bahas dalam penanganan percepatan PEN, mengedepankan adanya koordinasi yang baik antara satgas PEN Polda DIY dan APIP, sedangkan penindakan Hukum adalah menjadi alternatif terakhir yang akan di lakukan. Acara Akhiri dengan foto bersama di halaman Kantor Inspektorat DIY

Penyampaian hasil pemeriksaan Akhir Masa Jabatan Bupati Sleman periode 2016-2021 oleh Inspektur DIY

Senin, 23 Maret 2021, bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Inspektur Diy, Wiyos Santoso, S.E, M.Acc yang didamping oleh Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan, Muhammad Setiadi, S.Pt. M.Acc beserta tim Pemeriksaan Akhir masa jabatan Bupati Sleman menyampaikan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan sejak 23 Februari 2021 sampai dengan 16 Maret 2021.

Dalam sambutan dan penyampaian pokok-pokok hasil pemeriksaan Inspektur DIY, Wiyos santoso menyampaikan bahwa hasil kinerja Bupati pada periode 2016-2021 dinyatakan sudah sangat baik dengan namun masih terdapat 7 (tujuh) Indikator Kinerja Daerah yang Tidak Tercapai. Dari ketujuh aspek yang belum tercapai tersebut mayoritas dikarenakan adanya Faktor eksternal yaitu  adanya pandemi Covid-19 yang membuat sektor-sektor esensial seperti pariwisata dan konstruksi, termasuk lapangan usaha turunannya, mengalami penurunan tajam nilai penerimaannya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan Belum optimal dan efektifnya Sasaran dan Program dalam mendukung Indikator Kinerja Daerah.

Dalam sambutan balasannya, Bupati Sleman, Dra, Hj. Kustini Sri Purnomo menyatakan bahwa akan terus berusaha mengerahkan segalam macam bentuk sumber daya guna untuk segera mengembalikan keadaan dan meningkatkan kinerja pasca Pandemi Covid-19. Selain itu Pemerintah daerah kabuparen Sleman juga mengucapkan terima kasih atas hasil dari pemeriksaan akhir masa jabatan Bupati Kabupaten Sleman masa jabatan 2016-2021.

Koordinasi Teknis SIMPHP-SIMPEG

Rapat Koordinasi Teknis SIMPHP-SIMPEG, dilaksanakan di Gedung Inspektorat DIY lantai 2, acara di mulai pada pukul 13:00 WIB sampai dengan selesai. Acara rapat di pimpin oleh Kasubag porgram dan monev Bapak Bernardinus Norowisnu, S.Kom,M.Hum. dan perwakilan dari Diskominfo, BKD DIY dan pihak pengembang aplikasi. Kegiatan berlansung dengan lancar.

Dari pihak pengembang menyampaikan hal apa saja yang diperlukan dalam rancangan pengembangan sistem agar sistem nantinya bisa berjalan dengan optimal. BKD DIY pada prinsipnya tidak ada masalah dalam proses pengembangan sistem tersebut dan dari pihaknya terbuka untuk bisa menerima integrasi yang akan di rancang.

Pihak Diskominfo juga bisa memahami dan akan memberikan suport yang semaksimal mungkin sehingga pengembangan sistem yang terintegrasi bisa berjalan dengan baik.

Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu

Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu di laksanakan di lantai 2, acara di mulai dari jam 09:30 WIB, kegiatan di pimpin oleh Kasubap Program dan Monev Bapak Bernardinus Norowisnu, S.Kom, M.Hum berserta staff inspektorat dan perwakilan beberapa OPD yang masih belum menyelesaikan tindak lanjutnya tahun 2020. Acara berjalan dengan lancar dan berakhir jam 12:00 WIB.

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Pembangunan Gedung Tahap II

Rapat Koordinasi dilaksanakan di ruang rapat lantai 1, rapat di mulai jam 09:00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan dihadiri oleh Bapak Totok Purwoirawan, S.Km, M.Acc ditunjuk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pekerjaan fisik Gedung Inspektorat DIY tahap II, Bapak Maharyo, S.T,M.M, ditunjuk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pekerjaan jasa konsultasi pengawasan pembangunan Gedung Inspektorat DIY tahap II dan Team Teknis.

Tim Teknis Pembangunan Gedung Inspektorat DIY Tahap II tahun anggaran 2021 dalam bidang pekerjaan jasa konstruksi pembangunan Gedung Inspektorat DIY tahap II dan jasa konsultasi pengawasan pembangunan Gedung DIY Inspektorat DIY tahap II yaitu, Arif Azazi Zain, S.T,M.Eng, Fajar Yusuf Arfian, S.T, Setiyanto, S.T, Wahyu Pribadi, S.T, Rianto Agung Prabowo, S.T, Muhammad Iryad Aji Sutrasno, S.T, Tiar Novita sariningsih, S.T, Titik Rochmah, S.E, Arif Wiji Santosa, S.Pd.C.Fr.A, Ridha Setyaningsih, S.T, Viktor Meak Lau, S.T,M.Eng.

Kunjungi Gubernur DIY, Tim Saber Pungli Tingkatkan Upaya Preventif

by Humas 19 Maret 2021 – 11:48  BeritaDaerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta (19/03/2021) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY menerima kunjungan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) DIY di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Danurejan. Dalam kunjungan ini, Ketua Tim Saber Pungli Kombes Polisi Agus Rohmat didampingi Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi DIY Waitowongateleng dan Inspektur Inspektorat DIY Wiyos Santoso melaporkan kinerja dan rancangan kerja untuk Unit Pemberantasan Pungli (UPP) DIY pada 2021.

“Sekaligus mohon bimbingan dan arahan dari Pak Gubernur selaku penanggung jawab ,” ujarnya, Jumat (19/3).

Menanggapi laporan dari Tim Saber Pungli DIY, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi atas kinerja dari tim. Gubernur DIY berharap kinerja Tim Saber Pungli terus ditingkatkan.

Ke depan, Gubernur DIY bersedia untuk konsolidasi dengan mengumpulkan bupati dan walikota agar mendukung langkah-langkah Tim Saber Pungli sehingga pelaksanaan lebih efektif dan efisien dalam mengatasi praktik pungutan liar di wilayah DIY. Tahun ini, Tim Saber Pungli akan fokus pada upaya pencegahan atau preventif. Sebab, langkah pencegahan dinilai lebih penting dan efektif untuk minimal mengurangi terjadinya pungutan liar.

Kombes Agus menjelaskan, dalam kinerjanya Tim Saber Pungli melaksanakan empat kegiatan yaitu kelompok kerja intelijen, kelompok kerja pencegahan, kelompok kerja penindakan dan kelompok kerja yustisi. “Kami harap ke depan tidak lagi ada pungli,” imbuhnya.

Ia menjelaskan ada beberapa langkah yang akan ditempuh Tim Saber Pungli meliputi sosialisasi kepada aparat  pelayan publik di instansi pemerintah, sosialisasi kepada masyarakat misalnya kontraktor hingga pelajar dan mahasiswa, menggelar talkshow dan on the spot ke komunitas.

“Baik dari kepolisian melalui Babinkamtibmas di Polda maupun Polres dan Polsek, juga Kejaksaan maupun Inspektorat untuk terus menyampaikan sosialisasi saat ada acara atau momentum yang tepat,” tambahnya. Selanjutnya, dilaporkan ke sekretariat Tim Saber Pungli DIY yang kemudian akan diteruskan ke Gubernur hingga ke Menkopolhukam. (in)

Pelatihan Kantor Sendiri

Pelatihan kantor sendiri di laksanakan pada hari rabu tanggal 17 Maret tahun 2021. Acara dimulai pada pukul 08:00 sampai dengan selesai. Tempat dilaksanakan di gedung sekretariat lantai 2 Inspektorat DIY. Acara semua pegawai Inspektorat DIY baik yang WFO maupun yang WFH dan Narasumber. Narasumber Bapak Deppy Dwi Prasetio, dari Inspektorat hadir Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E,M.Acc, Sekretaris Bapak Yudi Ismono, S.Sos, M.Acc, Irban Pemerintahan Bapak Muhammad Setiadi, S.Pt, M.Acc, Irban Perekonomian, Ibu Dra. Siti Haryani, M.Si, Irban Sarpras, Ibu Dyah Sulistya Ratnawati S.T,M.Acc, Irban Sosbud Ibu Eny Herawati, S.Pd, M.Si, para Dalnis, para Ketua Tim, Auditor.

Koordinasi persiapan audiensi dengan Gubernur

Rapat saber pungli terkait Koordinasi persiapan audiensi dengan Gubernur di laksakan di kantor Inspektorat DIY komplek Youth Centre jalan kebon agung sleman yogyakarta, acara dimulai pada pukul 09:00- selesai. Rapat dihari oleh Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E,M.Acc, Sekretaris Inspektorat DIY Bapak Yudi Ismono, S.Sos, M.Acc, Kasubag Program dan Monev Bapak B. Norowisnu, S.Kom, M.Hum, Polda DIY Bapak Abdul Wahid dan Bapak Yayan, Kejati DIY Bapak Heru Subekti, Binda DIY Bapak Supriyono dan bapak Riyanto.