Penandatanganan Kesepakatan Telaah Sejawat Ekstern

Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Pelaksanaan Telaah Sejawat Ekstern Antar APIP Provinsi Jawa Tengah, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur. Telah dilakukan kesepakatan antar Inspektur Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali, atas rencana pelaksanaan telaah sejawat ekstern Aparat Pengawasan Intern Peerintah (APIP) tahun 2021, dalam rangka menjaga kualitas pengawasan intern yang berkelanjutan sesuai Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia, dengan pokok-pokok kesepakatan sebagai berikut, APIP yang menelaah dan APIP yang ditelaah sebagai berikut ,Telaah Sejawat dilakukan dengan mengacu pada pedoman telaah sejawat yang dikeluarkan AAIPI.

Laporan Hasil Telaah Sejawat disampaikan kepada APIP yang ditelaah, dengan tembusan kepada Ketua Komite Telaah Sejawat AAIPI. Laporan tersebut harus memperhatikan hasil quality control dari tim quality control yang ditetapkan Ketua Komite Telaah Sejawat AAIPI. Laporan pelaksanaan tindak lanjut oleh APIP yang ditelaah disampaikan kepada APIP yang menelaah, dengan ditembuskan kepada Ketua Komite Telaah Sejawat AAIPI. Pelaksanaan telaah sejawat akan dilaksanakan 4-5 hari lapangan dengan jumlah penelaah 7-8 orang dan biaya penugasan telaah sejawat menjadi beban APIP yang menelaah. Workshop pelaksanaan telaah sejawat akan dilakukan secara daring di Minggu Pertama Bulan

Pedoman telaah sejawat yang digunakan sesuai Keputusan Umum DPN AAPIP Nomor Kep 43/AAIPI/DPN/2019 tanggal 31 Juli 2019. Penetapan APIP Penelaah dan APIP yang ditelaah di tingkat pusat/provinsi dikoordinasikan oleh komite Telaah Sejawat DPN AAIPI. Meminta Komite Telaah Sejawat DPN AAIPI untuk melakukan QC atas hasil penilaian sementara. Guna meningkatkan pemahaman Tim Penelaah khususnya berkaitan dengan penggunaan kertas kerja penilaian dan kuesioner, Komite Telaah Sejawat dapat melakukan kegiatan Bimbingan Teknis/Workshop Telaah Sejawat Ekstern. Telah dibentuk Group Whatsapp Telaah Sejawat Jawa-Bali 2021, sebagai wadah komunikasi terkait pelaksanaan telaah sejawat ekstern AAIPI wilayah Jatim, Jateng, DIY dan Bali.

Monitoring Penyelenggaraan SPM Kabupaten/Kota Se DIY

Monitoring Penyelenggaraan SPM Kabupaten/Kota Se DIY dilaksanakan di Hotel Crystal Lotus, 12 Oktober 2021. Acara di mulai pada pukul 08:30 Wib sampai dengan selesai. Acara buka langsung oleh Plt Inspektur DIY Bapak Sumadi, S.H.,M.H.

Dalam acara tersebut paparan dari Inspektur Jendral Kemendagri di sampaikan oleh Inspektur 2 Dr. Ucok Abdul Rauf Damenta, dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta. Paparan dan diskusi penerapan SPM oleh bagian tata pemerintahan kabupaten/kota di moderatori oleh Bapak Haryono Biro Tapem Setda DIY

Hari Pertama Plt Inspektur DIY

Apel Senin dilaksanakan di halaman Gedung Inspektorat tepat jam 07:30 WIB. Acara apel di pimping oleh Sekretaris Inspektorat DIY, Bapak Yudi Ismono, S.Sos.,M.Acc., Sekretaris Inspektorat DIY memberikan sambutan kepada Plt Inspektur yang baru Bapak Sumadi, S.H.,M.H.

Plt Inspektur DIY Bapak Sumadi, S.H.,M.H. memberikan sambutan di hari pertama beliau sebagai Plt Inspektur DIY, beliau memberikan arahan untuk tetap semangat dan terus melaksanakan tugas secara baik dan target terpenuhi, sehingga hasil kinerja inspektorat dapat di rasakan oleh semua pihak di lingkungan Pemda DIY.

Pisah Sambut dan Penyerahan Bansos

Apel Jumat Inspektorat DIY ada dua agenda yaitu Pisah Sambut Pimpinan dan Penyerahan Bansos. Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E.,M.A.cc. mendapat amanah untuk memimpin OPD yang lain yaitu BPKA, beliau di lantik hari Kamis, 7 Oktober 2021, dan hari ini menjadi hari terkhir beliau berdinas di Inspektorat DIY. Segenap keluarga besar Inspektorat DIY memberikan ucapan selamat kepada Bapak Wiyos Santoso, S.E.,M.Acc. pada jabatan yanga baru. Bapak Wiyos Santoso S.E.,M.Acc. juga memberikan arahan untuk tetap semangat, dan terus mengembangkan potensi agar kualitas SDM Inspektorat tetap terjaga dan terus belajar agar bisa terus mengawal untuk kepentingan Pemda DIY dan Masyarakat.

Apel Jumat ini juga di laksanakan penyerahan bansos dari pegawai Inspektorat DIY kepada masyarakat sekitar. Penyerahan secara simbolik dilaksanakan langsung oleh Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E.,M.Acc. Acara yang secara rutin di laksanakan setiap bulan ini di harapan dapat sedikit membantu masyarakat sekitar yang berdampak. Harapanya program bansos ini akan terus bisa dilaksanakan oleh lingkuran sekitar.

Kunjungan Kerja Satgas Saber Pungli Pusat di UPP DIY

Kunjungan Kerja Satgas Saber Pungli Pusat di UPP DIY dilaksanakan pada hari jumat 24 September 2021, bertempat di Gedung Pracimosono. Kunjungan Kerja Menko Polhukam RI sekaligus sebagai penanggung jawab Saber Pungli dan Ketua Pelaksana Saber Pungli Pusat ke Yogyakarta di sambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kunjungan tersebut dalam rangka Pencanangan Daerah Istimewa Yogyakarta Menuju Kabupaten/Kota Bebas dari Pungli hadil pula ada acara tersebut, Irwasum Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, Turut hadir dalam acara tersebut seluruh anggota Forkopimda DIY,  Sekretaris Satgas Saber Pungli, Inspektur Provinsi DIY, secara luring, dan Bupati/ Walikota se-DIY serta Para Kepala Instansi Vertikal serta OPD DIY dalam hal ini, mereka hadir secara daring

Forum Grup Discussion Evaluasi Dana Transfer Daerah Bantuan Operasional Sekolah dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Dalam rangka sinergitas pengawasan dana Bantuan Operasional Sekolah dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, maka dilaksanakan forum group discussion pada hari rabu , 22 september 2021 pukul 08:00 WIB dengan tempat di Ruang rapat lantai 2 Inspektorat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam acara tersebut hadir dari Itjen Kemendikbudristek dan dari Inspektorat DIY. Dari Itjen Kemendibudristek hadir Suharsi, Ahmad Masum Riswandi, Astrie Nurcahyati Ayuningrum, dari Inspektorat DIY hadir Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E.,M.Acc, Para Irban dan Auditor Inspektorat DIY. Acara di moderatori oleh Inspektur Pembantu Bidang Sosial dan Budaya Ibu Eny Herawati,S.Pd., M.Si.

Rapat Reviu LPPD Kabupaten/Kota Daerah Istimewa Yogyakarta

Rapat Reviu LPPD Kabupaten/ Kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Tim Nasional dan Tim Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2021. Acara di laksanakan pada hari rabu tanggal 22 September 2021.

Dari Inspektorat DIY hadir langsung Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E.,M.Acc. serta para Irban, Dalni, Ketua Tim dan Auditor. Acara Berlangsung dari jam 9:00 sampai dengan sekesai

Rapat Asistensi dan Supervisi Tim Daerah Terhadap LPPD Kabupaten/Kota Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

Rapat Asistensi dan Supervisi Tim Daerah Terhadap LPPD Kabupaten/Kota Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 dilaksanakan di Hotel Tentrem Ballroom Bangkirai, acara di mulai dari jam 08:30-17:00. Acara di buka oleh Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan Bapak Muhammad Setiadi, S.Pt.,M.Acc.

Asistensi dan Supervisi Tim Daerah Terhadap LPPD Kabupaten/Kota Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 di pandu dan di moderatori oleh Topaz Mardiato, S.I.P.,M.Acc. pada rapat ini masing-masing tim di kelompokan berdasarkan tim kabupaten kota dan pengampu dari inspektorat.

Forum AAIPI DIY tahun 2021

Acara Forum AAIPI DIY tahun 2021 di laksanakan di Gedung KPPD Sleman lantai 3 ballroom parijoto, acara di mulai dari jam 09:00 WIB sampai dengan 13:00. Forum AAIP di buka secara langsung oleh Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E, M.Acc di dampingi oleh Kepala BPKP Bapak Adi Gemawan, Ak., MM.

Dalam acara tersebut juga di laksanakan FGD yang di moderatori Bapak Sunarko,S.Sos.,M.Si dengan Narasumber Sajihartana, Ak.,M.Si Pembina Utama Muda/IVc
dengan Jabatan Pengendali Teknis, Ratna Wijihastuti, S.E, M.Sc Penata tk 1/IIId
dengan Jabatan Kabag TU/Plh Korwas P3A.

Acara diakhiri dan di tutup oleh Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E, M.Acc

Penyerahan Penghargaan Pemenang Lomba Pidato dalam rangka HUT RI ke 76 di Inspektorat DIY

Apel pada hari senin tanggal 23 Agustus 2021 menjadi hari yang istimewa karena dilakukan prosesi penyerahan penghargaan kepada para pemenang dalam lomba pidato dalam rangka HUT RI yang ke 76, Tim Yuri yang terdiri dari para Irban dan Sekretaris telah memutuskan hasil penilaian dan terseleksi menjadi Juara 1, 2 , 3 dan Juara Harapan 1, 2, 3 serta Juara faforit.

Penyerahan penghargaan di pandu Sekretaris Inspektorat DIY Bapak Yudi Ismono, S.Sos, M.Acc, dengan sangat meriah.

Juara 1 diraih oleh Totok Purwoirawan, SKM,M.Acc, penghargaan di serah terimakan oleh Irban Pemerintahan Muhammad Setiadi, S.Pt. M.Acc.

Juara 2 diraih oleh Jaka Surana, S.E, penghargaan di serah terimakan oleh Irban Sarpras Dyah Sulistya Ratnawati, S. T, M.Acc.

Juara 3 diraih oleh Widianta, S.E, penghargaan di serah terimakan oleh Irban Perekonomian Dra. Siti Haryani, M.Si.

Juara Harapan 1 diraih oleh Maria Damayanti Handayani, S.E. AK, M.Acc, penghargaan di serah terimakan oleh Kasubag Program dan Monev Bernardinus Norowisnu, S.Kom, M.Hum.

Juara Harapan 2 diraih oleh Muhammad Yusuf, S.Si.T, M.T, penghargaan di serah terimakan oleh Kasubag Keuangan Lis Dwi Ratnawati, S.E, M.Acc.

Juara Harapan 3 diraih oleh Neini Utami, S.E, M.Ec,Dev, penghargaan di serah terimakan oleh Kasubag Umum Farida Ekawati, S.I.Pol.

Juara Faforit diraih oleh Tiar Novita Sariningsih, S.T, penghargaan di serah terimakan oleh Inspektur DIY Bapak Wiyos Santoso, S.E, M.Acc.

Peserta apel yang diikuti oleh semua pegawai Inspektorat sangat antusias dalam menyaksikan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba pidoto dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 76 di halaman gedung Inspektorat.