Gobak Sodor, Ngleluri Kabudayan Lumantar Olahraga Tradisional

Pada Selasa-Kamis, 27-29 Agustus 2024 Dinas Kebudayaan DIY (Kundha Kabudayaan) DIY mengadakan kegiatan Lomba Permainan Tradisional Gobak Sodor di GOR Among Raga Yogyakarta. Kegiatan tersebut bertema Ngleluri Kabudayan Lumantar Olahraga Tradisional yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY salah satunya Inspektorat DIY. Acara tersebut dibuka oleh Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho, sebelum bertanding masing-masing kontingen “wajib” mengikuti defile layaknya kompetisi olahraga. Satu yang mengundang perhatian penonton yaitu dari kontingen Inspektorat DIY. Berdandan layaknya lanjut usia (lansia) mulai dari makeup wajah, pakaian hingga cara berjalan pun mirip lansia yang sesungguhnya, bungkuk dan tertatih-tatih.

Ketika pertandingan Tim Putra Inspektorat melawan Biro Hukum Setda DIY kemudian pertandingan dimenangkan oleh Inspektorat DIY, selanjutnya Tim Inspektorat melaju ke babak berikutnya melawan Tim BPKA DIY dan memenangkan pertandingan dengan skor 33:0. Perjuangan tim putra terhenti di babak 8 besar ketika melawan Tim DPMPTSP, tim kalah dengan skor 16:6. Semnetara itu di bagian tim putri harus berhenti di babak awal karena dikalahkan oleh tim putri DPUPESDM.

Juara 1 untuk tim putra disabet oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, juara 2 diraih oleh Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY dan yang ketiga diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DIY, Juara Harapan 1 diraih oeh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY. Kemudian, untuk Tim Putri Juara 1 dimenangkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, disusul juara 2, juara 3 dan Juara Harapan 1 secara berurutan diraih oleh Tim Badan Diklat DIY, Dinas Pertanian dan KetahananPangan DIY serta Dinas Sosial DIY.

Juara 1 untuk tim putra disabet oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, juara 2 diraih oleh Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY dan yang ketiga diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DIY, Juara Harapan 1 diraih oeh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY. Kemudian, untuk Tim Putri Juara 1 dimenangkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, disusul juara 2, juara 3 dan Juara Harapan 1 secara berurutan diraih oleh Tim Badan Diklat DIY, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY serta Dinas Sosial DIY.

Penyerahan hadiah defile

Pada pengumuman defile, Inspektorat DIY meraih peringkat ketiga kejuaraan defile terbaik. Serta untuk Juara 1 dan 2 defile terbaik diraih oleh Dinas Kebudayaan DIY dan Paniradya Kaistimewan DIY. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi. Output dari kegiatan tersebut yaitu terciptanya guyub rukun di antara OPD sehingga jiwa korsa Pemda DIY semakin kuat, dan tentunya event tersebut menginspirasi kabupaten/kota untuk menyelenggarakan acara serupa. Bagaimanapun para pegawai PNS Pemda DIY juga perlu waktu healing sebentar dari rutinitas kerja, salah satunya melalui lomba permainan gobak sodor tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *