BPKP DIY Harus Mengedepankan Komunikasi Dan Kerja Sama

Yogyakarta (05/12/2022) jogjaprov.go.id – Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY harus terus mengedepankan komunikasi dan kerja sama dalam menjalankan tugasnya. Terutama kepada pihak-pihak terkait yang bersinggungan secara langsung dengan tugas Perwakilan BPKP DIY.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengutarakan hal demikian, saat menerima audiensi Kepala Perwakilan BPKP DIY Adi Gemawan beserta rombongan pada Senin (05/12) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Perwakilan BPKP DIY sendiri memiliki beberapa tugas seperti melaksanakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara dan/atau daerah atas kegiatan yang bersifat lintas sektoral dan melaksanakan pembinaan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada wilayah kerjanya.

“Kita harus sama-sama ada komunikasi. Tidak bisa kemudian penilaian sepihak. Kami matur nuwun, apapun kami juga komunikasi. Karena memang ini kan kegiatan njenengan semua. Harapan saya, ada komunikasi sebelum semuanya kemudian menjadi terlambat,” tutur Sri Paduka.

Menurut Sri Paduka, komunikasi menjadi langkah preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, juga untuk menurunkan risiko terjadinya kesalahpahaman antara pihak-pihak terkait.

Sri Paduka berharap, ke depannya Pemda DIY dapat terus menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik bersama Perwakilan BPKP DIY. Pemda DIY tentu tidak dapat berjalan sendiri, tanpa bantuan dan sinergi bersama pihak-pihak terkait dalam menjalankan pemerintahan.

Sementara itu, ditemui usai beraudiensi dengan Sri Paduka, Kepala Perwakilan BPKP DIY Adi Gemawan mengatakan, kunjungannya kali ini bertujuan untuk bersilaturahmi selaku pihak pengawasan intern pemerintah. Silaturahmi tersebut pun sekaligus untuk memperlancar pelaksanaan tugas-tugas Perwakilan BPKP DIY agar bisa bekerja sama dengan Inspektorat, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota di wilayah DIY.

Alhamdulillah diterima dengan baik oleh beliau. Kami juga diberikan arahan-arahan untuk bisa lebih baik lagi ke depannya,” ucap Adi.

Dikatakan Adi, Sri Paduka memberikan arahan agar integritas Perwakilan BPKP DIY selaku pihak pengawasan harus dijaga dengan baik. “Karena integritas untuk pengawas itu penting sekali. Begitu nanti integritasnya tercela ya hasil pengawasannya nggak ada artinya,”ujar Adi.

Selain itu, senada dengan Sri Paduka, Adi menyebutkan kerja sama dan komunikasi juga menjadi arahan yang disampaikan Sri Paduka. “Kerja sama supaya segala sesuatunya itu tidak nanti jadi bertambah luas. Sudah bisa dikomunikasikan lebih dulu sehingga bisa lebih cepat di atasi. Selain itu, juga meningkatkan komunikasi dengan beliau dengan OPD-OPD. Yang namanya kelemahan itu pasti ada, tetapi kelemahan itu bukan untuk dicari-cari tapi untuk diperbaiki bersama,” jelas Adi.

Adi pun berharap, di masa mendatang, kerja sama bersama beberapa pihak terkait seperti Inspektorat DIY yang sudah terjalin dengan bagus ini bisa semakin kuat dan saling mengisi satu sama lain. “Saling mengisi, kami juga diajari kami juga mengajari sehingga semuanya menjadi lebih baik lagi,” kata Adi. (Han/Ade)

Humas Pemda DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *