Kepala BPK RI Perwakilan DIY Sowan Gubernur DIY

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan DIY Widhi Widayat di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (29/08). Turut hadir mendampingi Sri Sultan, Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono, dan Kepala BPKA DIY Wiyos Santosa.

Ditemui usai beraudiensi dengan Sri Sultan, Widhi mengatakan, kunjungannya kali ini yakni bertujuan untuk memperkenalkan dirinya selaku Kepala BPK RI Perwakilan DIY yang baru bertugas, sejak 4 Agustus 2022 lalu. Widhi menuturkan, sebelum bertugas sebagai Kepala BPK RI Perwakilan DIY, dirinya menjabat selaku Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau. Adapun selain untuk memperkenalkan diri, Widhi yang berkunjung bersama rombongannya mengatakan, kunjungan dari pihaknya kali ini sekaligus untuk membicarakan mengenai beberapa hal terkait dengan tugas dan kewenangan BPK.

“Saya sowan kepada Ngarsa Dalem karena saya baru mulai bertugas sebagai Kepala BPK Perwakilan DIY yang baru. Jadi sowan kepada Ngarsa Dalem dan ya sekaligus membicarakan beberapa hal berkaitan dengan tugas dan wewenang BPK juga,” kata Widhi.

Salah satunya, diungkapkan Widhi, dirinya telah melaporkan kepada Sri Sultan bahwa BPK RI Perwakilan DIY saat ini sedang melaksanakan pemeriksaan kinerja mengenai pengelolaan Dana Keistimewaan DIY. “Saya memperkenalkan diri sekaligus juga menyampaikan kepada Ngarsa Dalem bahwa BPK Perwakilan DIY sedang mulai melakukan pemeriksaan kinerja mengenai pengelolaan Dana Keistimewaan DIY. Untuk pemeriksaan pengelolaan nanti rencananya lebih kurang totalnya 50 hari. Itu terdiri dari tahap pemeriksaan pendahuluan dan pemeriksaan terinci,” ujar Widhi.

Lebih lanjut Widhi menambahkan, laporan hasil pemeriksaan kinerja mengenai pengelolaan Dana Keistimewaan DIY ini rencananya akan disampaikan oleh pihaknya kepada Pemerintah Daerah DIY pada awal bulan Desember 2022 mendatang. Widhi mengutarakan, Sri Sultan turut mendukung pelaksanaan pemeriksaan tersebut.

Adapun dikatakan Widhi, Sri Sultan mengharapkan agar hasil pemeriksaan kinerja mengenai pengelolaan Dana Keistimewaan DIY ini bisa membawa perbaikan dalam hal pengelolaan Dana Keistimewaan. Senada dengan Sri Sultan, Widhi pun mengakui bahwa dirinya turut mengharapkan hal yang sama.

“Ya sama, harapannya kalau saya dan teman teman berharap ini kan satu dasawarsa Dana Keistimewaan, mudah-mudahan BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta nanti ikut berkontribusi memberikan saran-saran perbaikan di dalam pengelolaan Dana Keistimewaan itu,” jelas Widhi.

Selain itu, Widhi menyampaikan, dalam kunjungan kali ini, dirinya dan Sri Sultan juga saling bertukar cerita baik mengenai pengalaman maupun pandangan dari Sri Sultan. “Banyak cerita-cerita tadi ya, soal pengalaman-pengalaman beliau, pandangan-pandangan beliau juga, untuk lingkup yang lebih luas dari pada hanya DIY gitu,” ucap Widhi. (Han/Ip/Jhn)

Humas Pemda DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *