Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Pelaksanaan Telaah Sejawat Ekstern Antar APIP Provinsi Jawa Tengah, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur. Telah dilakukan kesepakatan antar Inspektur Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali, atas rencana pelaksanaan telaah sejawat ekstern Aparat Pengawasan Intern Peerintah (APIP) tahun 2021, dalam rangka menjaga kualitas pengawasan intern yang berkelanjutan sesuai Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia, dengan pokok-pokok kesepakatan sebagai berikut, APIP yang menelaah dan APIP yang ditelaah sebagai berikut ,Telaah Sejawat dilakukan dengan mengacu pada pedoman telaah sejawat yang dikeluarkan AAIPI.

Laporan Hasil Telaah Sejawat disampaikan kepada APIP yang ditelaah, dengan tembusan kepada Ketua Komite Telaah Sejawat AAIPI. Laporan tersebut harus memperhatikan hasil quality control dari tim quality control yang ditetapkan Ketua Komite Telaah Sejawat AAIPI. Laporan pelaksanaan tindak lanjut oleh APIP yang ditelaah disampaikan kepada APIP yang menelaah, dengan ditembuskan kepada Ketua Komite Telaah Sejawat AAIPI. Pelaksanaan telaah sejawat akan dilaksanakan 4-5 hari lapangan dengan jumlah penelaah 7-8 orang dan biaya penugasan telaah sejawat menjadi beban APIP yang menelaah. Workshop pelaksanaan telaah sejawat akan dilakukan secara daring di Minggu Pertama Bulan

Pedoman telaah sejawat yang digunakan sesuai Keputusan Umum DPN AAPIP Nomor Kep 43/AAIPI/DPN/2019 tanggal 31 Juli 2019. Penetapan APIP Penelaah dan APIP yang ditelaah di tingkat pusat/provinsi dikoordinasikan oleh komite Telaah Sejawat DPN AAIPI. Meminta Komite Telaah Sejawat DPN AAIPI untuk melakukan QC atas hasil penilaian sementara. Guna meningkatkan pemahaman Tim Penelaah khususnya berkaitan dengan penggunaan kertas kerja penilaian dan kuesioner, Komite Telaah Sejawat dapat melakukan kegiatan Bimbingan Teknis/Workshop Telaah Sejawat Ekstern. Telah dibentuk Group Whatsapp Telaah Sejawat Jawa-Bali 2021, sebagai wadah komunikasi terkait pelaksanaan telaah sejawat ekstern AAIPI wilayah Jatim, Jateng, DIY dan Bali.